• Sab. Mei 18th, 2024

Bunda PAUD Humbahas Ajak Semua Bunda PAUD Desa Dukung Gerakan Transisi PAUD ke SD

ByPutra Bhayangkara

Mei 29, 2023
Views: 19

Humbang Hasundutan-Sumut

Putrabhayangkara.com
Senin 29/05/2023

Bunda PAUD Kabupaten Humbang Hasundutan, Ny. Lidia Dosmar Banjarnahor mengajak semua Bunda PAUD Desa dan Bunda PAUD Kecamatan mendukung Gerakan Transisi PAUD ke SD dengan menyenangkan.

Hal ini disampaikan pada Pembinaan dan Penguatan Bunda PAUD Kecamatan, Kelurahan/ Desa dalam rangka Transisi PAUD Ke Sekolah Dasar (29/5) di Aula Hutamas, Perkantoran Tano Tubu Doloksanggul.

Bunda PAUD Kabupaten Humbang Hasundutan, Ny. Lidia Dosmar Banjarnahor dalam presentasinya menyampaikan bahwa transisi PAUD ke SD merupakan program yang berisi proses untuk mendukung kesiapan belajar bagi anak usia dini yang akan memasuki jenjang SD. Proses ini juga dapat mempengaruhi keberhasilan anak dalam melakukan penyesuaian di jenjang pendidikan dasar.

Merdeka Belajar merupakan kebijakan yang mendasari transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, dimulai sejak tahun ajaran baru. Satuan pendidikan perlu menghilangkan tes calistung dari proses penerimaan peserta didik baru di SD. Menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama (di PAUD dan SD). Dan, menerapkan pembelajaran yang membangun enam kemampuan fondasi anak (di PAUD dan SD).

Pada kesempatan itu juga dijelaskan bahwa Bunda PAUD sebagai penggerak utama diharapkan dapat menggerakkan semua pihak untuk mewujudkan Gerakan Nasional PAUD Berkualitas, Terjangkaunya layanan PAUD secara berkeadilan diseluruh pelosok negeri, tersedianya Program PAUD Holistik dan Integratif.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Bunda PAUD Kecamatan, Desa/ Kelurahan se-Kabupaten Humbang Hasundutan dan juga menghadirkan pembicara/ Narasumber dari Dinas Kesehatan, Kepala UPT Puskesmas Matiti, dr Tiar Sihombing.

Frish H Silaban