• Jum. Mar 1st, 2024

Brimob Go To School di SMPN 11 Kota Pontianak

ByPutra Bhayangkara

Agu 14, 2023

Pontianak Kalbar

Satbrimob Polda Kalbar kembali melaksanakan kegiatan Brimob Go To School disalah satu sekolah yang berada di Kota Pontianak. Senin (14/08/23).

Demi menciptakan generasi penerus bangsa yang mengerti akan makna dari Pancasila Satbrimob Polda Kalbar kembali melaksanakan kegiatan Brimob Go To School di SMPN 11 Kota Pontianak Jl. Ahmad Marzuki, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak. Brimob Go To School merupakan salah satu kegiatan rutin yang setiap minggunya dilaksanakan oleh Satbrimob Polda Kalbar yang biasanya dimulai dengan melakukan upacara bendera.

Tujuan utama kegiatan Brimob Go To School ini adalah untuk mengajarkan kepada murid-murid tentang makna dari Pancasila mengingat mereka semua merupakan generasi penerus bangsa.

Makna dari Pancasila ini sendiri memang perlu untuk diajarkan kepada mereka yang merupakan penerus bangsa hal ini bertujuan agar mereka dewasa nanti mereka akan terbiasa dengan perbuatan dan tingkah laku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dikegiatan Brimob Go To School ini Akp Mardi menjelaskan tentang makna dari Pancasila itu sendiri kepada para murid seperti sila pertama tentang cinta kasih, menjaga toleransi dan saling menghormati perbedaan kepercayaan. Kemudian sila kedua yaitu setara atau memperlakukan orang lain dengan adil dan manusiawi. Sila ketiga yakni harmoni atau mengutamakan kepentingan Indonesia di atas kepentingan pribadi atau kelompok. Sila keempat yakni demokratis atau memberikan kesempatan setiap orang untuk bebas berekspresi dan berpendapat dan yang terakhir adalah sila kelima yang mengajarkan kita tentang gotong royong.

Selain mengajarkan nilai-nilai Pancasila disini Akp Mardi juga memberikan informasi tentang persyaratan untuk menjadi anggota Polri serta menjelaskan tentang apa itu Brimob dan fungsi Brimob dalam menjaga stabilitas situasi kamtibmas di Provinsi Kalbar.

Selain menjelaskan tentang makna dari Pancasila disiini Akp Mardi juga meminta untuk seluruh tenaga pengajar yang ada di SMPN 11 Kota Pontianak untuk selalu mengajarkan serta mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dilingkungan sekolah agar nantinya mereka terbiasa dan secara tidak langsung menciptakan generasi muda penerus bangsa yang mengerti akan makna dari Pancasila.

Sumber : Ponco Brimob Polda Kalbar