• Kam. Jun 13th, 2024

Berikan Kekebalan Hewan Ternak, Babinsa Mlokomanis Kulon Dampingi Tim Vaksinator Suntikan Vaksin PMK

ByPutra Bhayangkara

Jun 15, 2023

Wonogiri – Upaya pemerintah dalam pecegahan dan penanganan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terus dilaksanakan, agar hewan ternak dapat terhindar dari wabah PMK dan peternak terhindar dari kerugian secara finansial.

Kamis,(15/6/23) kegiatan vaksinasi PMK ke Dua yang dilaksanakan oleh Dislapernak Kabupaten Wonogiri tersebut berlangsung di Desa Mlokomanis Wetan dan turut didampingi oleh Babinsa Koramil 03/Ngadirojo Serka Maryadi bersama dengan maaing-masing Kepala Dusun.

Kegiatan sebelumnya diawali dengan meminta Izin kepada para warga yang memiliki ternak melalui surat persetujuan, bagi masyarakat Desa Mlokomanis Wetan yang setuju akan memberikan data umur ternak yang akan diberi vaksin. Setelah semua data terkumpul maka proses vaksinasi PMK dimulai, para tenaga kesehatan akan menyuntikan vaksin kebagian leher sapi.

Babinsa mengatakan, agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan efektif, tim dibagi beberapa kelompok dan berkeliling ke rumah warga masyarakat yang memiliki sapi. Selanjutnya petugas kesehatan hewan memeriksa sapi, jika sapi-sapi tersebut dalam keadaan sehat maka petugas akan menyuntik vaksin pada sapi tersebut.

” Pemberian vaksin diperuntukkan bagi sapi yang sehat untuk memberikan kekebalan tubuh sapi, agar tidak terinfeksi penyakit kuku dan mulut yang saat ini sedang menyerang hewan ternak khususnya sapi “, ucapnya.

Terkait anggotanya melaksanakan pendampingan dalam kegiatan pemberian vaksinasi PMK, Danramil Kapten Inf Totok Mardoyo menyampaikan bahwa TNI selalu siap membantu pemerintah dalam mencegah dan menangani penyebaran virus PMK di wilayah binaan,

(Arda 72).