• Jum. Jun 14th, 2024

Bacabup/Wabacabup Dari Jalur Independen Kabupaten Humbahas Resmi Mendaftar ke KPUD

ByPutra Bhayangkara

Mei 18, 2024

 

Humbang Hasundutan-Sumut. Putrabhayangkara.com Sabtu 18 Mei 2024.

Pemilik akun Facebook Sakti Sihombing mengatakan kepada media ini 18/05/2024
Dalam perkembangan politik terbaru di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), pasangan bakal calon bupati (bacabup) dan wakil bupati (wabacabup) dari jalur independen, Yunita Rebeka Marbun dan Tony Sihombing, secara resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Humbahas. Pendaftaran ini sekaligus menjadi momen bersejarah, mengingat Yunita Rebeka Marbun adalah satu-satunya perempuan yang maju dalam kontestasi ini, didampingi oleh mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Humbahas, Tony Sihombing.

Langkah yang diambil pasangan ini menjadi sorotan publik karena mereka memilih jalur independen atau perseorangan. Hal ini menandakan keberanian dan keyakinan mereka dalam menghadapi pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024 tanpa dukungan partai politik. Pendaftaran ini juga mengindikasikan bahwa kemungkinan adanya calon tunggal versus kotak kosong, seperti yang terjadi pada pemilu sebelumnya, tidak akan terulang pada pilkada kali ini.

Ketua KPUD Humbahas, dalam keterangannya, menyatakan bahwa berkas pendaftaran Yunita Rebeka Marbun dan Tony Sihombing telah memenuhi semua persyaratan kelayakan sesuai dengan peraturan yang berlaku. “Kami sudah memverifikasi seluruh dokumen yang diserahkan oleh pasangan ini, dan semuanya lengkap serta sesuai dengan ketentuan yang ada,” ujarnya.

Yunita Rebeka Marbun, yang dikenal sebagai Srikandi Humbahas, menyampaikan optimismenya setelah mendaftar. “Kami maju dengan semangat membawa perubahan dan perbaikan untuk Kabupaten Humbahas. Dukungan dari masyarakat sangat luar biasa dan kami siap berjuang bersama-sama,” katanya.

Pasangannya, Tony Sihombing, menambahkan bahwa jalur independen dipilih karena mereka ingin mewakili suara rakyat secara langsung tanpa intervensi partai politik. “Kami ingin memastikan bahwa setiap kebijakan yang diambil benar-benar berdasarkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat Humbahas,” jelas Tony.

Pendaftaran pasangan ini menandai babak baru dalam kontestasi pilkada Humbahas 2024. Dengan terpenuhinya syarat-syarat pendaftaran, Yunita Rebeka Marbun dan Tony Sihombing kini resmi menjadi pasangan calon yang akan bersaing dalam pilkada yang dijadwalkan berlangsung pada tahun ini.

Masyarakat Humbahas menyambut baik kehadiran calon dari jalur independen ini. Mereka berharap bahwa dengan lebih banyak pilihan kandidat, demokrasi di Kabupaten Humbahas akan semakin sehat dan dinamis. Pilkada 2024 diharapkan tidak hanya menjadi ajang perebutan kekuasaan, tetapi juga momentum untuk menghadirkan pemimpin yang benar-benar peduli dan mampu membawa perubahan positif bagi seluruh masyarakat Humbahas.

Sumber: Sakti Sihombing.

By: Media Putrabhayangkara Tapanuli Raya.