• Jum. Jun 14th, 2024

Audit Kinerja Inspektorat Koarmada III, Transparan Dan Informatif Bagi Kemajuan Lantamal XI Merauke

ByPutra Bhayangkara

Jul 12, 2023

Merauke – Lantamal XI Merauke sebagai salah satu jajaran Koarmada III siap jalani Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) audit kinerja TA. 2022-2023 dari tim audit Itkoarmada III. Pembukaan taklimat awal dihadiri Wadan Lantamal XI Kolonel Laut (P) Dewa Gede Oka Susila, mewakili Komandan Lantamal XI Brigjen TNI (Mar) Gatot Mardiyono. Rabu (12/07/23).

Kegiatan yang dilaksanakan Itkoarmada III ini merupakan bagian dari rangkaian fungsi pengawasan dan pengendalian sebagai tahapan penting dalam upaya mendukung suksesnya program pembinaan yang dinilai mempunyai peran dan fungsi yang strategis dalam kelancaran pelaksanaan tugas pokok serta merupakan tindakan preventif dalam rangka mengantisipasi kemungkinan terjadinya penurunan kinerja disegala bidang.

Inspektur Koarmada III Laksma TNI Achman Santoso selaku penanggung jawab mengatakan pada hakekatnya audit kinerja mengandung makna strategis yang sangat berguna bagi Lantamal XI Merauke di masa mendatang. Audit merupakan wahana yang tepat untuk meneruskan berbagai kebijakan dan arahan yang digariskan pemimpin dalam menyikapi secara tepat terhadap implikasi negatif yang ditimbulkan oleh dinamika perubahan.

Melalui audit berbagai temuan dan koreksi dapat diantisipasi secara dini dan menjadi sarana yang efektif untuk menampung aspirasi dan permasalahan yang dapat menghambat pelaksanaan atau pencapaian tugas untuk diteruskan kepada Pangkoarmada III.

Sementara itu, Panglima Koarmada III Laksda TNI Rachmad Jayadi di tempat terpisah mengatakan bahwa pengawasan ini bertujuan untuk melihat perkembangan program kegiatan tahun sebelumnya dan sejauhmana pencapaiannya serta melihat secara langsung kondisi di daerah dan hal-hal yang harus diprioritaskan.

Masukan positif, baik saran maupun koreksi dari tim audit juga dapat membangun untuk perbaikan dan kemajuan Lantamal XI Merauke pada saat ini maupun dimasa yang akan datang, pungkas Panglima.

(Tim/Red)