• Kam. Jun 13th, 2024

Asops Panglima TNI : Media Sosial Sangat Efektif dan Medan Kritik Dalam Mempengaruhi Opini Publik

ByPutra Bhayangkara

Jun 19, 2023

Jakarta,

(Puspen TNI). Saat ini, media sosial merupakan sarana yang sangat efektif dan menjadi “medan kritik” dalam merebut dan mempengaruhi opini publik melalui penyesatan informasi dan penyebaran berita bohong (hoax), yang diprediksi akan tetap berlangsung untuk memprovokasi dan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, terlebih lagi mendekati tahun politik 2024.

Demikian amanat Asops Panglima TNI Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad yang dibacakan Pa Sahli Tk. III Bid. Bantuan Kemanusiaan (Banusia) Sahli Panglima TNI Laksda TNI Hanarko Djodi Pamungkas saat memimpin Upacara 17-an yang diikuti Prajurit dan PNS TNI, bertempat di Mabes TNI, Cilangkap, Senin (19/6/2023).

Menghadapi tahapan pemilu 2024, Asops Panglima TNI mengingatkan bahwa tahun 2023 ini merupakan rangkaian tahun politik menuju pemilu 2024, sehingga tugas TNI melaksanakan perbantuan kepada Pemda dan Polri dalam pengamanan memerlukan langkah antisipasi yang konkret guna mengantisipasi setiap perkembangan situasi masyarakat.

“Berbagai kemungkinan bisa terjadi, yang semuanya memerlukan langkah yang tepat terutama terhadap kemungkinan adanya tindakan-tindakan tidak bertanggung jawab dengan memanfaatkan agenda Pemilu 2024. Ujian bagi TNI-Polri dalam rangka menyukseskan agenda pemilu 2024 adalah netralitas, soliditas dan sinergitas,” ujarnya.

Untuk itu, Asops Panglima TNI meminta kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI untuk tidak bersikap reaktif terhadap segala isu yang berkembang dan tetap fokus pada tugas, dengan senantiasa terus meningkatkan kualitas dan kapasitas diri, guna membangun kompetensi dalam rangka meningkatkan kinerja. “Saya minta kepada segenap Prajurit, PNS TNI beserta keluarga besarnya, untuk tidak mudah terpengaruh dengan berita-berita di media sosial,” ucapnya.

“Jangan mudah percaya, apalagi terpengaruh oleh berbagai informasi yang tidak jelas asal usulnya, jangan pernah beranggapan bahwa “saya adalah orang pertama yang mengetahui dan menyebarkan informasi”. Percayalah kepada pimpinan kalian, karena dengan demikian kita akan tetap kompak, bersatu, solid dan tidak terpecah belah,” ungkap Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Lebih lanjut, Asops Panglima TNI mengatakan, semangat, dedikasi, loyalitas dan militansi yang para Prajurit dan PNS TNI sekalian tunjukan selama ini, sungguh telah mengantar kembali institusi TNI pada peringkat terbaik di jajaran lembaga negara sebagai institusi yang dipercaya oleh rakyat.

Asops Panglima TNI juga menyampaikan, Hal ini menunjukkan bahwa para Prajurit dan PNS TNI adalah insan-insan yang bertaqwa, loyal dan rela berkorban dengan tulus ikhlas bagi bangsa dan negara. “Saya berharap sikap loyal dan rela berkorban ini terus melekat sepanjang hayat dalam sanubari kita semua,” pungkasnya.

Autentikasi: Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Sus Aidil